Off Road Dengan SUV Termewah di Dunia

Rental mobil Pekanbaru News – Mobil macam apa yang bisa selamat menjelajah keganasan medan off-road hanya dengan setelan mesin pabrikan dan ban standar jalan raya ?
Range Rover dengan berani melakukannya di medan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, pasca hujan deras yang tak diduga-duga, Rabu (3/7) Siang.

range rover

Range Rover, Media Indonesia 11/07/2013

“Sudah sebulan di tempat ini tidak hujan. Makanya kami semua hanya siapkan ban standar,” aku Jacki, instruktur off-road yang juga aktif di Komunitas Trooper Indonesia (KTI)

Namun, agen tunggal pemegang merek Land Rover di Indonesia, PT Grandauto Dinamika (GAD), dengan percaya diri tetap menginisasi media test drive empat model Range Rover teranyarm All New Range Rover Vogue, serta Land Rover Discovery 4 m.
“Memang hujan ini tak kami duga. Tapi kami pikir (Range Rover) masih kuat,” kata Chief Operating Officer of GAD Darwin Maspolim.

Cantik dan Tangguh.
Dari segi tampang, Vogue, Evoque dan Discovery memang terhitung cantik sebagai sport utility vehicle (SUV). Meski tergolong termewah di dunia, mereka diklaim tetap memiliki kemampuan menjelajah semua jenis medan. Evoque tampil paling cantik dengan atap berlekuk mirip coupe.
Voque terlihat mewah dengan bodi monokok, fitur penghangat, dan pemijat punggung di kursi, juga dengan dua LCD Screen di kabin tengah serta pendingin udaha dua zona di kursi penumpang belakang.

Discovery 4, disisi lain, menjadi Rover paling “kotak” tapi justru karena ia paling maskulin.

Evoque, yang edisi terbatasnya turut didesain Victoria Beckham, memiliki fitur palig simpel. Tidak ada tombol pengatur tinggi rendahnya suspensi atau tombol pengaturan hi gear/ low gear di konsol tengah. Diameter setir juga paling kecil.
Kendati demikian, kendaraan yang digubah berdasarkan platform Land Rover LRX itu tetap mampu menggilkar trek dengan level kesulitan ringan dengan traksi yang terbilang baik.

Discovery 4 dan Vogue lebih edan lagi. Trek berlevel medium dengan tanjakan 40-an derajat dan becek dapat dilahap dengan mantap. Baik Vogue, Evoque maupun Discovery 4 juga mampu melaju di turunan curam nan basah tanpa meluncur berkat fitur hill descent control (HDC).

Padahal, kata salah satu instruktur, turunan curam dan licin akibat hujan merupakan bagian paling berbahaya saat off-road. “Karena walau direm, mobil bisa terus meluncur. Aalagi kalau pakai ban standar.”

Terrain Response.
Rahasia terbesar seluruh lini Range Rover dan Land Rover, kata Product Spesialist Jaguar Raymod Yeo, ada di fitur terrain response (TR). “Ini satu hal yang dimiliki kami. Tinggal memilih jenis terrain (medan) dan berbagai aspek semisal mesin, sistem pengereman, HDC, transmisi otomatis, e-differential, suspensi udara akan menyesuaikan diri untuk mendapat traksi dan performa optimal.

Vogue termuktakhir yang Media INdonesia jajal bahkan memiliki TR2. Fitur itu mampu secara otomatis membaca dan memberikan setelan pas di medan tanah, salju, bebatuan, atau aspal biasa.

Torsi Vogue, Evoque, hingga Discovery yang besar juga mendukung performa moncernya. Vogue, contohnya versi bensinnya didukung mesin SE 5,01V8 Petrol Supercharger dengan tenaga S10 PS dan torsi 625 Nm.

Vogyue diesel, disisi lain dipersenjatai mesin 2,01 Si4 Turbocharger and Twin Variable Valve, dipadu transmisi 6 percepatan riptronic. Discovery 4 bermodalkan mesin 3,01 V6 dan transmisi 8 percepatan Tans ZE.

Sumber Media Indonesia, 11 Juli 2013.

This entry was posted in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *