Fortuner & Innova Indonesia Diekspor Ke Timur Tengah

Produksi otomotif Indonesia ternyata bisa bersaing di negara luar. Buktinya, sejumlah produksi Toyota Indonesia di ekspor ke luar negeri. Pasar terbanyak adalah negara-negara di Timur Tengah.

Direktur TMMIN I Made Dana Tangkas, di Jakarta, menyebutkan, kendaraan sport (SUV) Fortuner dan kendaraan serbaguna (MPV) Inova banyak di ekspor ke Timur Tengah. Sementara Avanza banyak di ekspor ke negara kawasan Asia Tenggara, dan Afrika.

Berdasarkan data PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), pada semester pertama 2013 ekspor mencapai 61.225 unit. Terbesar adalah Fortuner dan Avanza

Fortuner di ekspor ke negara Qatar, Uni Emirat Arab, Yordania, Lebanon, Oman, Kuwait, Bahrain, dan Yaman, di samping negara lain di luar Timur Tengah, seperti Filipina, Nigeria, dan Ghana.

Avanza di ekspor ke Thailand, Brunei, Filipina, Afrika Selatan, Meksiko, Mesir, Srilanka, Bangladesh, Nepal, Yordania, Lebanon, Tahiti, Nigeria, Mozambik, Kenya, Angola, Madagaskar, Maurtius, Afrika Barat, Pakistan, Fiji, Zambabwem Malawi, dan Seychelles.

Kijang Innova sebagian besar di ekspor ke Timur Tengah yaitu Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, dan Qatar, di samping negara lain di ASEAN seperti Thailand dan Brunei, kemudian diekspor pula ke Afrika Selatan.

Info otomotif lainnya :
Delapan Desainer Lokal Kembangkan New Kijang Innova

Sebanyak delapan desainer lokal ikut dalam pengembangan New Kijang Innova, kendaraan terbaru produksi Toyota. Desainer lokal ini terlibat dalam pengerjaan desain konsep dan membuat sketsa dari keinginan pelanggan Toyota.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Masahiro Nonami di Jakarta, Senin (19/8), mengatakan sangat mengapresiasi keberadaan putra putri Indonesia yang ikut menyumbangkan ide dalam proyek yang mulai dikerjakan sejak 2010 itu.

“Dalam proyek ini, untuk delapan orang tadi, saya fokuskan mereka untuk memperkuat aspek desain konsep,” jelas Masahiro.

Kendaraan New Kijang Innova yang dibuat melalui kontribusi delapan desainer lokal ini diubah dari sisi eksterior dan interior dengan penambahan sistem audio canggih, dual airbag dan seatbelt pretensioner dan force limiter untuk melindungi pengemudi.

Perubahan juga dilakukan pada sisi ekterior mobil yang berbentuk lebih besar dan sedikit meruncing di bagian ujung berupa radiator grille, foglamp ornament, back door garnish serta aerokit.

Sumber : zamrudtv.com

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *