Tata Vista Untuk Generasi Dinamis

Kecil, lincah dan tangguh, Inilah kesan yang bisa disematkan pada salah satu varian hatchback, Tata Vista. Mobil prodksi asal India tersebut memberikan sebuah pilihan yang tidak kalah menariknya dengan produksi mobil dari Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat atau Eropa.
Seiring dengan kehadirannya di Indonesia PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) sebagai agen tunggal pemegang merek Tata, memberikan kesempatan kepada beberapa jurnalis untuk merasakan kemampuan, ketangguhan dan kelincahan “si gesit” ini dalam kota Jakarta.

Mendapat pilihan Tata Vista berwarna merah dengan masih dibalut plat nomor berwarna putih, saya dan dua rekan media lain mencoba untuk mengeksplorasi ketangguhan mobil tersebut. Dari sisi eksteriornya, terkesan bahwa mobil ini dirancang dengan bentuk sporty dan lebih ramping.
Adanya performas stylish head lamp, Tata Vista tampil lebih garang. Selain iut, tampilan chrome grill yang terbujur di setiap sisi menambah kesan mewah dan lebih ekslusif di kelasnya.

Adapun, lampu belakang yang ramping dan panjang membuat tampilan dari belakangnya lebih menarik, apalagi dilengkapi dengan spoiler yang lebih lebar dan berkesan lebih sporty. Selain itu, fog lamp yang bergaris dengan modern membuat mobil itu terkesan imut, tetapi elegan dari segi tampilan.

Di Indonesia, Tata Vista baru hadir dengan menggunakan transmisi manual dan belum ada transmisi otomatis. Dengan mengusung mesin berbahan bakar premium dan berkapasitas 1.400 cc, mobil itu berjalan lincah di jalanan yang rata maupun tanjakan. Saya pun menjajalnya di tengah jalanan rata di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Tata Vista didesain memiliki mesin 1.400 cc dan 16 V DOHC Safire. Dari performa mesin tersebut, Tata Vista mampu memberikan 90 PS tenaga maksimum pada 6.000 rpm serta torsi sebesar 116 m pada 470 rpm yang bisa memacu adrenalin. Keunikan lain Tata Vista dan produk Tata Motors lainnya adalah pada sistem keamanannya. Jika anda biasa menggunakan produk non Tata, mesin mobil langsung hidup ketika mulai dinyalakan.

Namun, pada produk Tata, anda diharuskan menginjak pedal kopling dan gas secara bersamaan lebih dulu saat menyalakan mesin. INi adalah keutamaan produk Tata yang membuat mobil ini lebih aman.
Dari sisi keselamatan berkendara, Tata Vista sudah dilengkapi dengan dual airbag, baik di posisi pengemudi maupun penumpang depan.

Tak hanya itu, namun mobil tersebut memiliki ruang penyimpanan yang besar. Audio mobil ini juga berkonsep integrated audi dimana terkoneksi dengan telepon, LED Screen, aux, dan bluetooth connection.

Managing Director Tata Motors Ltd Karl Slym menerangkan produk Tata diciptakan dari material terbaik dengan tingkat durabilitas yang tinggi dan terbaik di kelasnya. Oleh karena itu, ungkapnya badan mobil tersebut biasanya lebih keras dan kuat terhadap benturan.
Dia menambahkan Tata Vista adalah small hashback yang menyasar pasar anak muda perkotaan yang cerdas, dinamis dan kreatif. Efesiensi juga dapat diandalkan dari produk itu, baik dari konsumsi bahan bakar, suku cadang dan perawatan yang terjangkau.

Mobil Murah Tata Vista“Untuk selanjutnya, tidak hanya ketiga produk ini yang diluncurkan oleh TMDI. Tentunya, kami pun akan segera memperkenalkan produk lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Lantas bagaimana dengan segi harga?
Mobil ini terbilang murah. Dengan merogoh kocek Rp 129.9 juta anda sudahb bisa memiliki mobil ini. Dengan semua kelebihan itu, debut Tata Vista patut diwaspadai oleh merek-merek Jepang dan Korea Selatan yang sekarang mendominasi pasar.

Sumber Media Cetak : Bisnis Indonesia, 3 November 2013.

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *