New Daihatsu Luxio Nuansa Kromium Bikin Elegan

AKHIRNYA, sejak pertama kali diperkenalkan pada 2009, Daihatsu Luxio melahirkan generasi keduanya. Sang penerus mengalami perubahan interior dan eksterior demi satu tujuan, membuatnya tampil lebih bergaya, berkesan mewah, dan elegan.

“Kita melihat dari lima poin ada dua poin yang masih kurang yaitu desain dan kenyamanan. Dua hal itu yang mendasari. Kita lebih fokus kepada perubahan yang membuatnya lebih stylish dan elegan,“ papar Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau saat peluncuran New Luxio, kemarin di Jakarta.

Yang paling terlihat ialah desain anyar grille depan lebih berisi ditambah nuansa kromium (krom). Ornamen krom juga banyak menghiasi sisi depan maupun samping bodi.

“Kita ingin lebih elegan dengan menambahkan unsur krom. Bumper depan juga diubah supaya garisnya senada,“ tukas Rio.

Di kiri dan kanan badan Luxio termutakhir, Daihatsu menambahkan side body molding beraksen krom untuk kedua tipe yang tersedia yakni New Luxio varian D dan X. Ini membuat bodi New Luxio terlihat berlekuk, berbeda dengan Luxio generasi awal yang `lurus-lurus saja’.

Tipe X, model teratas New Luxio, ditambahkan pula dengan door rail cover plus outer mirror berwarna perak. “Kita juga mengubah desain alloy wheel pada tipe ini,“ lontar Rio.

Adapun di bagian belakang kendaraan yang memiliki pangsa pasar sekitar 30% di kelasnya itu dibubuhi rear combi lamp dengan clear lens, lower back door garnish, hingga bemper lampu reflektor berdesain baru, dan knalpot krom. Ada pula rear spoiler dengan LED high mount stop lamp.

Namun, imbuhan satu ini hanya terdapat di tipe X. Bagaimana dengan interiornya? “Nuansa interior dibuat lebih gelap supaya kesan mewahnya dapat,“ lanjut Rio. Di tipe X, kesan gelap dilanjutkan pada baris tengah yang diberi warna black piano. Dan, lagi-lagi, nuansa krom yang membungkus fitur AC adjuster.

Menurut Rio, setir juga berdesain baru supaya unsur mewahnya kelihatan. Terdapat pula fitur upper tray sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Sebagai LMPV berkapasitas delapan penumpang, kemudahan akses keluar-masuk di New Luxio juga diperhatikan. Hasilnya ialah penambahan fitur one touch tumble di kursi baris kedua. Seakan belum cukup, di armrest kursi baris ini disematkan pula cup holder.

Usaha Daihatsu menambah kenyamanan New Luxio adalah dengan membesarkan dimensi, juga ketebalan kursinya. Untuk memfasilitasi kebutuhan hiburan keluarga, Daihatsu membenamkan audio 2-DIN atau 1-DIN–tergantung varian–dengan fungsi USB serta aux port.

Harga untuk varian D ialah Rp157.550.000 juta (on the road Jakarta). Tipe X sendiri berbanderol Rp175.700.000 bagi transmisi manual dan Rp186.800.000 untuk transmisi otomatisnya.

“Minor change ini dilakukan sebagai wujud inovasi berkelanjutan Daihatsu.
Juga sebagai respons positif atas masukan pengguna setia yang menghendaki Luxio tampil lebih stylish dan nyaman,“ tutur Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra.

Terkait penjualan, Chief Operation Officer PT Astra International Tbk­Daihatsu Sales Operation Toto Suryana Wijaya mengatakan, pasar MPV low semi-bonnet memang tak sebesar MPV low bonnet seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, dan Suzuki Ertiga.

“Kita masih mempertahankan target rata-rata 500 unit sebulan,“ tutupnya.
(Xan/S-2/ Media Indonesia, 20/02/2014)

This entry was posted in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *