Daihatsu Catat Kenaikan Penjualan

SELAMA Januari-Mei 2014, Daihatsu mencatatkan penjualan secara wholesale sebanyak 79.402 unit. Jumlah itu meningkat sekitar 8% jika dibandingkan dengan periode yang sama 2013, yaitu 73.564 unit.

Beberapa model seperti Daihatsu Xenia mengalami penurunan pada periode Januari-Mei tersebut. “Menurun sedikit karena Mei banyak libur. Waktu kerja aktif hanya tiga minggu di bulan itu,“ kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di Jakarta, baru-baru ini.

Pada lima bulan pertama 2014, Xenia turun ke peringkat ketiga penjualan Daihatsu dengan perolehan 19.826 unit.
Posisinya digeser oleh Gran Max yang terjual 27.759 unit dan Ayla sebanyak 20.038 unit.
Menurut Amelia, waktu libur itu juga dimanfaatkan ADM untuk maintenance terhadap pabrik Xenia dan menjaga stok mobil di cabang ritel seluruh daerah.

“Agar operation chain sehat, kami memang perlu beristirahat setahun sekali.
Kebetulan waktu yang tepat di Mei.“

Namun, di sisi lain, ADM mencatat peningkatan penjualan city car Sirion dari waktu ke waktu. Pada Februari 2014, penjualan Sirion bahkan sempat meningkat lebih dari dua kali lipat atau 253%. Dari 300 unit penjualan pada Januari menjadi 760 unit di Februari 2014, dan hingga Mei 2014 mobil yang diimpor dari Malaysia itu sudah terjual 2.260 unit.

Salah satu strategi Daihatsu untuk menggenjot penjualan Sirion ialah de ngan menggelar kompetisi slalom bertajuk Sirion Time Battle 2014, beberapa waktu lalu. Agenda ini secara reguler dilakukan setiap tahun sejak 2013 lalu.
Melalui ajang ini, Daihatsu ingin mewadahi penggemar slalom, khususnya para pengguna Sirion. Mulai dari anak muda di kelas pemula sampai kelas profesional.

Dalam kompetisi itu, Daihatsu menyediakan 15 unit Sirion bertransmisi manual sebagai sarana kontes dan membuktikan manuver Sirion.

“Selain memberikan wadah bagi penggemar slalom, acara ini juga bertujuan untuk menunjukkan ketangguhan Daihatsu Sirion,“ ujar Hendrayadi Lastiyoso Marketing & CS Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (Pun/S-3) – Media Indonesia, 19/06/2014, halaman 22-23

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *