Toyota Fortuner: Varian Kedelapan yang kian Sangar

Fortuner G 4×4 2.5 VNT Diesel A/T
PASCA-LEBARAN, Toyota langsung ngebut melansir produk anyarnya. Tepat dua hari setelah libur Lebaran berakhir, pada Selasa (5/8) PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengenalkan line-up terbaru mereka dari keluarga Fortuner, yakni Fortuner G 4×4 2.5 VNT Diesel A/T. Ini merupakan varian kedelapan yang dimiliki Toyota Fortuner di pasar Tanah Air. Varian baru tersebut juga merupakan yang termahal ketimbang varian-varian yang ada sebelumnya dengan banderol harga on the road mencapai Rp480 juta.

Menurut Wakil Presiden Direktur TAM Suparno Djasmin, Fortuner G 4×4 2.5 VNT Diesel A/T diharapkan mampu menyasar konsumen privat yang menginginkan kendaraan tinggi, juga konsumen fleet di pertambangan ataupun perkebunan.
“Toyota menyediakan Fortuner diesel berpenggerak roda 4×4 ini juga untuk para konsumen loyal Toyota yang mencari SUV dengan kemampuan lebih,“ imbuh Abong, sapaan akrab Suparno Djasmin.

Fortuner 4×4 Diesel VNT mengusung mesin 2.500 cc diesel common-rail dengan intercooler. Untuk saat ini, mesin tersebut baru dipadukan dengan transmisi otomatis, sedangkan transmisi manualnya belum disediakan. Mesin baru ini memiliki keunggulan berupa tenaga yang besar pada putaran mesin rendah serta diklaim hemat bahan bakar.
Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo menjelaskan, dengan bekal dapur pacu tersebut dan postur khas Fortuner yang jangkung dan gagah, kendaraan itu cukup nyaman saat digunakan di jalanan beraspal halus ataupun medan off-road.

“SUV Fortuner 4×4 diesel VNT oke untuk jalan perkotaan ataupun medan berat. Kaki-kakinya bisa mencengkeram di daerah kering dan basah. Penggerak 4×4 juga bisa berpindah otomatis,“ bebernya.

Transmisi otomatis mobil yang kabarnya sudah diuji coba secara intensif di medan off-road di daerah Subang, Jawa Barat itu, imbuh Samulo, juga memiliki kemampuan mendistribusikan beban dan tenaga dari depan atau belakang sehingga lebih responsif terhadap medan.

Kemampuan itu terasa kian sempurna dengan tampilan eksterior Fortuner 4×4 Diesel VNT yang tetap tampak maskulin dengan garis-garis desain yang tegas dan penambahan beberapa aksesori yang memberi kesan kukuh.
Papan atas Dari sisi pasar, sejak diluncurkan per tama kali pada 2005, Toyota Fortuner terus bertahan di jajaran papan atas segmen SUV di pasar otomotif nasional. Bahkan mulai 2006, ketika produksi Fortuner telah dilakukan di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Toyota tidak hanya melayani pasar domestik, tapi juga pasar ekspor. “Line-up terbaru Fortuner ini merupakan salah satu wujud dari komitmen Toyota Indonesia menghadirkan produk yang tidak hanya stylish, tetapi juga terbaik di setiap kelasnya,“ terang Presiden Direktur TAM Hiroyuki Fukui.

TAM tidak menargetkan angka mulukmuluk untuk produk barunya tersebut. Yang pasti, menurut Abong, penjualan Fortuner 4×4 Diesel diharapkan bisa lebih tinggi daripada Fortuner 4×4 bensin. “Kami tidak menentukan targetnya berapa, tapi kalau melihat yang 4×4 bensin sekitar 30 unit per bulan, menurut kami Fortuner 4×4 diesel bisa lebih besar dari itu,“ ujarnya. (Pun/S-3) – Media Indonesia, 7 Agustus 2014, Halaman 19

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *