Jurus Anyar Pemacu Omzet Mazda

Mazda2 akan berkompetisi dengan produk terbaru dari Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Ford Fiesta. BULAN depan, Mazda Motor Corporation akan meluncurkan All-New Mazda2 di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Produk terbaru perusahaan otomotif yang dibangun Jujiro Matsuda pada 1920 itu diyakini mampu mendongkrak penjualan mobil produksi Mazda di kawasan Asia Tenggara. All New Mazda2 merupakan produk generasi keempat mengikuti Mazda CX-5, Mazda6, dan Mazda3, sebagai model utama perusahaan.

“Untuk kawasan ASEAN, Mazda2 merupakan produk kami yang memiliki angka penjualan paling tinggi di setiap negara. Pentingnya peran Mazda2 kami sadari,“ tutur General Manager Global Sales & Marketing Mazda Motor Corporation Yasuhiro Aoyama sebelum test drive All-New Mazda2 di Sirkuit Tokachi International Speedway, Hokkaido, Jepang, kemarin.

Test drive tersebut diikuti para wartawan dari Indonesia, Singapura, Myanmar, dan Hong Kong. Produk-produk terbaru Mazda itu telah mendatangkan keuntungan bersih kepada per usahaan sebesar 135,7 miliar yen atau kurang lebih Rp15,4 triliun, dalam tahun fiskal terakhir. Sementara itu, volume penjualan global meningkat 8% menjadi 1,33 juta unit.

“Tahun ini kami memperkirakan pertumbuhan yang lebih tinggi dengan peningkatan keuntungan hingga 19% dan peningkatan penjualan di 6,7% menjadi 1,42 juta unit,“ ungkap Aoyama. Khusus untuk kawasan Asia Tenggara, Mazda menargetkan pertumbuhan penjualan hingga 8% menjadi kurang lebih 80 ribu unit.

“Di Indonesia sendiri terjadi kenaikan penjualan yang meningkatkan keuntungan hingga mencapai 7% pada semester pertama tahun ini,“ imbuh Aoyama. Lebih irit All-New Mazda2 ialah city car dengan desain eksterior yang kompak dan desain interior yang benar-benar berbeda. Mesin mobil menggunakan teknologi Skyactiv G-1.5 dan Skyactiv G-1.3 yang dikembangkan sendiri oleh Mazda. Dengan teknologi tersebut, konsumsi bahan bakarnya lebih hemat 15% jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

“Teknologi Skyactiv terbaru menjadikan Mazda2 memiliki performa yang sangat ramah lingkungan dan memberi sensasi berkendara yang menyenangkan,“ ucap Koichi Shinbata. Program Manager untuk AllNew Mazda2, Ayumu Doi, menambahkan pengembangan dan peluncuran sedan tersebut memiliki tiga misi utama.

“Pertama, terkait dengan brand kami. Kedua, terkait dengan bisnis Mazda. Terakhir, ialah membangun basis konsumen,“ jelas Ayumu Doi. Adapun produk yang dijual di Indonesia kelak akan memiliki teknologi Skyactiv G-1.5 (bensin). Menurut rencana, All-New Mazda2 bakal diperkenalkan di Tanah Air lewat ajang Indonesia International Motor Show, September 2014.

Namun, pihak Mazda belum bersedia mengungkap berapa harga All-New Mazda2 di Indonesia. “Pokoknya harganya kompetitif,“ kata Senior Manager Marketing PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani. (E-2) Media Indonesia, 21/08/2014, halaman 19

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *