Mobil-Mobil Konsep Menyedapkan Mata

BMW i8
MOBIL futuristis BMW yang menyandang nama i8 bakal pamer diri ajang IIMS 2014 sehingga Anda tidak lagi sekadar bisa melihat di dunia maya. Mobil i8 merupakan produk fl agship dari sub-brand BMW ‘i’ yang difokuskan sebagai merek ramah lingkungan.

Kendaraan ini hadir sebagai Coupe eksklusif yang mengusung drivetrain plug-in hybrid.
Mobil sport berkonfi gurasi penumpang 2+2 itu diklaim mampu menawarkan pengalaman berkendara yang menakjubkan sekaligus efi siensi bahan bakar yang luar biasa. Kuncinya ialah modul Drive yang terdiri dari mesin bensin, motor listrik, baterai lithium-ion, dan penggunaan seluruh komponen mobil bersistem listrik.

Mobil i8 dibekali mesin bensin 1,5 liter tiga silinder turbocharged yang mampu menghasilkan output 231 hp. Mesin itu masih ditopang motor listrik bertenaga 131 hp yang terpasang di poros roda depan.
Dengan output total 362 hp, kendaraan plug-in hybrid tersebut mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam tempo 4,4 detik dengan kecepatan maksimal 185 km/jam. Sementara itu, konsumsi bahan bakar rata-ratanya mencapai 40 km/liter dan mampu menjelajah hingga sejauh hampir 500 km.

Mobil ini juga dapat dioperasikan menggunakan mode elektrik penuh sejauh 35 km pada kecepatan 120 km/jam dengan hanya mengandalkan baterai lithium-ion 5 kWh berpendingin cair yang ada di bawah lantai.
Untuk mengisi baterainya membutuhkan waktu 3,5 jam menggunakan tegangan 110 volt atau 1,5 jam menggunakan charger 220 volt.

Daihatsu UFC-3
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyiapkan diri menyambut IIMS 2014 dengan menampilkan konsepkonsep mobil barunya. Kali ini enam mobil konsep bakal dipertontonkan, di antaranya Ultra Function Compact (UFC-3), Cross-over Utility Vehicle (CUV-2), Ayla GT2, dan Copen roadster.

“Deretan mobil konsep bukan sekedar dipamerkan, melainkan sebagai cara untuk mengukur seberapa besar minat konsumen agar mobil konsep menjadi kenyataan,“ tutur Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra.
Konsep UFC-3 yang merupakan penyempurnaan lanjutan dari model UFC-1 dan UFC-2 kabarnya bakal menjadi senjata baru untuk membendung `para pengganggu’ ketenangan Daihatsu di kelas low MPV, seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Secara tampilan, UFC-3 justru lebih tidak memperlihatkan aura futuristisnya.Yang tampak pada gambar bawah ialah UFC-2.

Daihatsu CUV-2 merupakan hasil kerja divisi R&D ADM yang salah satunya orang Indonesia, Mark Wijaya, yang juga desainer Daihatsu Ayla. Jika CUV-2 diproduksi, ia akan mengusung ground clearance tinggi dan menjadi pesaing bagi Honda HR-V dan Nissan Juke.
Untuk Copen, setelah produksinya sempat disetop pada 2012 lalu, Daihatsu meluncurkan generasi penerus roadster mungilnya itu. Kendaraan dua pintu dan beratap terbuka itu pertama kali diproduksi pada 2003

Datsun Redi-Go Concept
PT Nissan Motor Indonesia tampaknya tidak mainmain ‘menggembalakan’ brand Datsun di Tanah Air.
Pabrikan asal Jepang itu kini kembali menggoda mata publik lewat Datsun Redi-Go Concept di IIMS ke-22.
Mobil konsep yang pernah ‘narsis’ di New Delhi Auto Expo 2014 pada Februari lalu itu merupakan penggabungan antara mobil hatchback dan crossover berukuran kecil. Jika dibandingkan dengan seri Go lainnya, tampang Redi-Go sedikit lebih futuristis. Meskipun tetap menggunakan grille krom heksagonal yang juga digunakan duo LCGC itu, Redi-Go terlihat lebih cantik dengan lampu yang lebih ramping menyapu ke belakang.

Desain Redi-Go Concept lebih menyerupai sebuah hatchback dengan ground clearance yang sedikit lebih tinggi. Wajahnya juga dihiasi bumper berdesain futuristis yang terpisah dari grille depan oleh sebuah air dam.
Profil sampingnya terdiri dari lengkung spakbor yang menggelembung dihiasi garis aerodinamis yang berujung di lampu belakang. Garis atapnya melandai di kedua ujungnya, tetapi bisa memberikan kesan kuat bahwa mobil tersebut lebih condong ke depan.

Dari bagian belakang, lekuk-lekuk bodinya menjadikan kendaraan ini tampak dinamis dan berkesan lebih ‘mahal’.
Pembangkit tenaganya sangat mungkin serupa dengan lainnya, yaitu mesin 1,2 liter tiga silinder bertenaga 67 bhp dan torsi 104 Nm yang disalurkan ke roda depan via transmisi manual 5-speed. Media Indonesia, 18/09/2014, halaman 22-23

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *