JURNAL IIMS 2014 Daihatsu Sosialisasikan Konservasi Penyu

JIKA dikatakan Indonesia International Motor Show (IIMS) bukan cuma ajang memamerkan kemajuan teknologi terkini dan jualan produk, barangkali itu benar.

Perhelatan yang diklaim sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara itu juga dimanfaatkan sebagian agen pemegang merek (APM) untuk menyosialisasikan program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Salah satunya ialah PT Daihatsu Astra Motor yang dalam IIMS 2014 tidak cuma memajang varian-varian mobil terbaru serta enam mobil konsep kembangan mereka, tapi juga menunjukkan perhatian Daihatsu dalam upaya konservasi penyu yang sudah mereka lakukan bersama klubklub binaan dalam program Penyu untuk Indonesia.

Koordinator Eksekutif Divisi CSVC ADM Budi Mahendra menyebut program pembinaan tersebut sudah diluncurkan sejak 2011 dan mendapat respons sangat baik dari masyarakat juga klub binaan.

Pada awalnya, ADM memulai program Penyu untuk Indonesia pada 2011 dengan kegiatan sederhana yakni mengajak para donatur mengadopsi boneka penyu. Setahun setelah itu, kegiatan makin berkembang dengan mengadopsi 105.000 telur penyu, dan kemudian pada 2013 dilanjutkan dengan pembinaan fasilitas konservasi penyu.

Pada tahun ini, terang Budi, ADM bersama klub binaan Daihatsu telah membangun dua fasilitas konservasi penyu di Pulau Pramuka dan Batu Hiu Pangandaran.

“Ini makin melengkapi dua fasilitas serupa lain di Prancak Bali dan Pantai Pangumbahan Ujung Genteng yang sudah dibangun lebih dulu,“ beber Budi di arena IIMS 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, awal pekan ini.

Untuk membangun sejumlah fasilitas konservasi penyu di Pulau Pramuka, ADM mengajak Terios Rush Club Indonesia (Teruci), Daihatsu Ceria Club Indonesia (CCI), dan Taruna Owners (TO), serta bekerja sama dengan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu .

Adapun klub Charade Classy Winner (C2W), Daihatsu Zebra Club (ZEC), dan Daihatsu Taruna Club (DTC) didapuk menjadi mitra untuk konservasi di Batu Hiu Pangandaran.

Di sana mereka melakukan sejumlah aktivitas seperti renovasi kolam penangkaran tukik, pengadaan pompa air laut, pembangunan tembok pelindung konservasi, dan pembuatan sistem drainase ramah lingkungan. (RO/S-2) Media Indonesia, 25/09/2014, halaman 18

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *