Penaikan Harga BBM Berkah bagi Daihatsu

PENAIKAN harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi malah menjadi berkah bagi Daihatsu.Buktinya, saat pasar otomotif turun, penjualan mobil Daihatsu malah naik.

“Kami bisa mempertahankan penjualan, malah penjualan meningkat dan market share juga naik. Ini berkah, penaikan BBM membuat orang mencari mobil irit dan Daihatsu terkenal keiritannya,“ ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di sela acara Pesta Sahabat Daihatsu di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, pascapenaikan harga BBM pertengahan November lalu, pasar otomotif tergerus dan hingga akhir November penjualan turun 3% ketimbang Oktober. Pada Oktober lalu, penjualan otomotif nasional sebanyak 98.800 unit, tetapi pada November menjadi 95.500 unit.

Namun, penjualan Daihatsu justru naik dari sekitar 15.100 unit pada Oktober menjadi 15.518 unit pada November. Kenaikan juga terjadi pada pangsa pasar Daihatsu yang pada November mencapai 16,2% atau naik 0,9% dari bulan sebelumnya. Dengan demikian, sepanjang Januari-November 2014, pangsa pasar Daihatsu 15,4% dan tetap di posisi kedua di bawah Toyota.

“Dengan kondisi seperti ini, kami optimistis target penjualan hingga akhir tahun sebanyak 185.000 unit bisa tercapai.Kami tidak merevisi target walaupun ada penaikan BBM,“ tukas Amelia.

Ia menjelaskan, kontribusi terbesar penjualan Daihatsu masih dipegang Gran Max, teru tama varian pikap, yakni 35%, disusul All New Xenia (26%), dan Daihatsu Ayla (23,7%).

Pada kesempatan itu, Amelia dan pimpinan Daihatsu memberi penghargaan kepada sembilan pemilik Daihatsu Xenia dalam program Xenia Setia berupa rekondisi mobil Xenia yang mereka beli sejak 2004 menjadi seperti baru.

Selain Xenia Setia, manajemen Daihatsu juga menggelar Pesta Sahabat Daihatsu yang tahun ini digelar istimewa karena bertepatan dengan perayaan 10 tahun Xenia. “Acara tahunan yang sudah ketiga kalinya digelar. Ini merupakan penutup seluruh rangkaian aktivitas Daihatsu sepanjang tahun,“ ujar Head of Marketing and CS Division PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso. (Dro/X-9) Media Indonesia, 07/12/2014, halaman 4

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *