Daihatsu Pasang Target Moderat

DAIHATSU memasang target perolehan pangsa pasar otomotif nasional sama dengan target tahun lalu, yakni 15%.

Sasaran moderat itu dipatok dengan mempertimbangkan proyeksi penjualan otomotif pada 2016 yang hanya naik tipis dari tahun lalu karena belum terlalu pulihnya daya beli konsumen.

“Kami menargetkan hingga akhir 2016, market share Daihatsu 15%. Kami tidak mau mimpi muluk-muluk. Kalau hasilnya seperti yang terjadi di 2015, kami bersyukur,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam jumpa pers awal tahun sekaligus peluncuran Daihatsu Sirion Sport di Jakarta, kemarin.

Pada 2015, Daihatsu meraup nilai wholesales sebesar 167.800 unit. Turun sekitar 9% jika dibandingkan dengan volume penjualan tahun sebelumnya, yaitu 185.200 unit.

Hasil yang dicatat pabrikan asal Jepang itu masih lebih baik ketimbang total penjualan otomotif di pasar domestik 2015 yang drop hingga 16%. Dari pencapaian 2014 sebanyak 1,2 juta, tahun lalu anjlok menjadi hanya 1,01 juta unit.

“Walaupun volume penjualan kami turun, kami berhasil melampaui target pencapaian market share. Dari target 15%, kami bisa meraih 16,6%.

Ini pencapaian luar biasa apalagi di tengah kompetisi yang begitu ketat,” terang Marketing and CR Division Head of PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso di kesempatan yang sama.

Dengan pencapaian itu, Daihatsu tetap mempertahankan peringkat kedua pasar otomotif nasional selama tujuh tahun terakhir di bawah Toyota.

Terkait dengan persaingan dengan merek lain tahun ini, Amelia mengaku tak khawatir karena ia yakin setiap merek punya segmen sendiri.

“Setiap merek memiliki strategi. Kami pakai strategi market in product. Jika merek lain meluncurkan produk di luar negeri lalu membawanya ke Indonesia, kami luncurkan dulu di Indonesia, kemudian ekspor ke luar negeri,” urainya. (Cdx/E-1) Media Indonesia, 15/01/2016, halaman 19

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Daihatsu Pasang Target Moderat

  1. jhonnytips says:

    Jaman makin krisi aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *