The All New Pajero Sport Sarat Teknologi Baru

SETELAH memberi kesempatan melihat langsung dan `mencicipi’ SUV ber-DNA reli andalannya kepada komunitas dan media, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) merealisasikan janjinya untuk mengumumkan peluncuran Mitsubishi All New Pajero Sport pada 29 Januari lalu.

Jika pada saat perkenalan di Pantai Segarra Ancol 20 Januari lalu harga Pajero terbaru itu masih disimpan rapat-rapat, di kala peluncuran yang dihelat di Hotel Fairmont Senayan itu, jajaran petinggi KTB tampak tersenyum bangga.

Pasalnya, selain dihadiri langsung President and Chief Operating Officer (COO) dari Mitsubishi Motors Tetsuro Aikawa beserta jajaran manajemennya, All New Pajero Sport ternyata telah membukukan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 1.027 unit terhitung selama 10 hari hingga acara launching tersebut.

Tentu jika menggunakan sewa mobil All New Pajero Sport di Pekanbaru akan digunakan pada lokasi dengan medan berat. Biasanya sih di perkebunan sawit ataupun lokasi migas.

“Kami sudah buka pemesanan sejak 18 Januari dan ini sangat luar biasa mengingat saat itu kami belum merilis harga resminya,“ ujar Head of Mitsubishi Motor Corporation Sales Group KTB Imam Choeru Cahya.

Baca juga : Tujuan Konsumen Sewa Mobil favorit di Riau

Di ballroom hotel itu, KTB memang akhirnya membuka selubung empat varian kendaraan yang mengusung tema A vision to explore. Tipe Exceed 2.5 4×2 A/T dilepas dengan harga (on the road DKI Jakarta) senilai Rp446 juta, sedangkan GLX 2.5 4×4 M/T seharga Rp495 juta, kemudian Dakar 2.4 4×2 A/T Rp496 juta, serta yang termahal tipe Dakar 2.4 4×4 A/T yang dilego Rp623 juta.

Lantas, apa yang membuat generasi terbaru Pajero layak disematkan predikat All New? SUV legendaris Mitsubishi itu tampaknya mengedepankan tampilan, mesin, teknologi, dan fitur-fitur yang benar-benar baru. Tidak seperti model sebelum nya, All New Pajero Sport dibangun dengan basis pengembangan berbeda dengan All New Triton.

Corporate General Manager Global Pickup Project Promotion Office Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Koichi Namiki mengatakan All New Pajero Sport khusus dikembangkan sebagai kendaraan penumpang walaupun masih satu platform. Oleh karena itu, pihaknya mengupayakan untuk fokus dalam peningkatan faktor kenyamanan ketimbang pendahulunya.

The All New Pajero Sport hadir sebagai `Stylish and Comfortable Off Road SUV’ dengan empat karakteristik utama, yaitu high quality design melalui tampilan fresh di bagian interior, quality comfortable cabin melalui kabin yang lebih mewah dan lebih kedap suara, superior performance yang dihadirkan mesin terbaik dan transmisi otomatis 8-speed plus teknologi canggih yang menyertainya, plus innovation and convenience yang diwakili fitur multi around view monitor, electric parking brake, dan sebagainya.

Di sektor dapur pacu, KTB juga memperkenalkan mesin baru untuk melengkapi mesin turbodiesel intercooler 4D56 2.5 liter (136 PS @ 4.000 rpm dengan torsi 324 Nm @ 2.000 rpm) legendarisnya. Meskipun kapasitasnya lebih kecil, mesin yang diberi kode produksi 4N15 2.4 liter MIVEC Direct Injection Commonrail dengan variabel geometri turbo (VGT) intercooler itu mampu menghasilkan output 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm.

Menurut Aikawa, mesin terbaru yang mengalami penurunan rasio kompresi dari 17.0:1 menjadi 15,5:1 menggunakan blok silinder aluminium sehingga bobotnya 30 kg lebih ringan daripada pendahulunya.

Khusus untuk varian 4×4, Mitsubishi menyodorkan fitur 4WD Super Select generasi II dengan pilihan mode 2WD High Range, 4WD High Range, 4WD High Range dengan Locked Transfer, 4WD Low Range dengan Locked Transfer melalui sebuah tombol di dekat tuas transmisinya.

“Dengan fitur 4WD Super Select yang dipadu rasio transmisi otomatis 8-speed-nya yang lebar dan rapat menjadikan kemampuan `merayap’ pada kondisi low gear lebih mumpuni, sedangkan pada posisi high gear kendaraan ini mampu memberikan tingkat efisien lebih baik daripada sebelumnya,“ ujar Namiki.

Fitur itu masih ditambah lagi dengan active stability and traction control systems (ASTC) yang menurut Namiki mampu membantu saat melewati beragam kondisi jalan seperti di permukaan berkerikil, berlumpur atau bersalju, di atas pasir hingga di bebatuan. (Cdx/S-3) Media INdonesia, 4 Februari 2016, Halaman 23

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *