BI Minta Pemprov Riau Proses Ulang Penetapan Dirut Bank Riau Kepri

Kepala Perwakilan BI Provinsi RIau Mahdi Muhamad, meminta Pemprov Riau memproses ulang dari awal penetapan Direktur Utama Bank Riau Kepri. Pasalnya, tenggat waktu penetapan Dirut Bank Riau Kepri yang lama, Rafyon Yahya sudah habis awal November lalu.

Enam bulan yang lalu, RUPS Bank Riau Kepri telah menetapkan Rafjon Yahya sebagai Dirut Bank Riau Kepri. Rafjon kemudian juga dinyatakan lulus uji kepatutan dan kepatuhan (fit and proper tes) BI. Namun sampai sekarang, Rafjon belum juga melaksanakan tugasnya sebagai Dirut Bank Riau Kepri

Mahdi Muhamad, mengungkapkan, tidak bisanya Rafjon menjabat Dirut Bank Riau Kepri, karena yang bersangkutan masih bekerja di salah satu bank nasional. Dalam aturan, Dirut Bank tidak boleh merangkap jabatan.

Menurut Mahdi, tenggat waktu jabatan Dirut Bank Riau Kepri sudah terlewati tanggal 3 November lalu. “Pelaksanaan hasil itu sudah berakhir. Untuk menetapkan Dirut yang baru, harus dilakukan kembali,” kata Mahdi.

Mahdi mengatakan, proses untuk mengangkat Dirut Bank Riau-Kepri harus dilakukan dari awal lagi, yakni mengajukan nama kandidat untuk selanjutnya dilakukan “fit and proper test” lagi.

Pemprov Riau Pertanyakan Kerja Dirut Bank Riau-Kepri
Hampir enam bulan lamanya, sejak dinyatakan lulus uji kepatuhan dan kelayakan (fit and proper test), dan ditetapkan sebagai Direktur Utama Bank Riau Kepri, namun Rafjon Yahya belum juga menjalankan tugas. Hal ini yang membuat Pemprov Riau mempertanyakannya.

Sekda Provinsi Riau Zaini Ismail, Senin(16/12) menyebutkan, pemprov bakal memanggil Rafjon Yahya secepatnya. “Kita ingin meminta penjelasannya, kenapa sampai sekarang belum juga melaksanakan tugas,” ucap Zaini.

Zaini menyebutkan, Rafjon Yahya ditunjuk jadi Direktur Utama Bank Riau Kepri melalui RUPS. Lalu, dia pun telah dinyatakan lulus uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Bank Indonesia.

Sumber zamrudtv.com

This entry was posted in Bisnis and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *