Petani Binaan Chevron Panen Raya Ternak Ikan

Kelompok Tani Sakai, Duri, Provinsi Riau, binaan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), melakukan panen raya ternak ikan. Ada empat ton ikan patin, nila dan lele yang dipanen, Kamis kemarin(19/12).

Tiva Permata, Manager Komunikasi Chevron, menyebutkan panen tersebut berasal dari usaha perikanan yang dikelola Koperasi Makmur Inti Mandiri melalui program aset administrasi dan keanggotaan pertanian terpadu.

Koperasi Makmur Inti Mandiri tersebut dibina PT CPI dengan pendampingan yang intensif dan pelatihan teknis secara berkala. Panen yang dilakukan itu merupakan panen raya yang ke tiga.

“Program unggulan seperti pertanian terpadu ini tepat dikembangkan untuk masyarakat Duri,” kata dia.

Ia mengatakan, untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan dan mengembangkan potensi ekonomi lokal tentu tidak diraih sekejap mata dan dibutuhkan perjuangan yang terus menerus.

Akan tetapi, katanya, tidak akan ada yang mustahil jika petani terus berusaha secara maksimal hingga bisa melakukan panen raya 4 ton ikan patin, nila dan lele yang dilakukan dalam minggu ini.

Ia menjelaskan SKK Migas – PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) melalui program investaasi sosialnya membantu masyarakat suku Sakai di Kecamatan Mandau untuk mengembangkan potensinya di bidang pertanian dan perikanan dengan konsep pertanian terpadu.

“Program ini bertujuan meningkatkan produktivitas dan keahlian masyarakat suku asli di wilayah sekitar operasional. Konsep pertanian terpadu adalah memadukan/mengintegrasikan pertanian dengan sektor lainnya seperti perikanan, tanaman, ternak dan lain sebagainya.

Program ini dikembangkan agar dapat membentuk masyarakat yang mandiri, sejahtera dan dapat memberikan pendapatan yang memadai serta berkesinambungan.

Sumber: zamrudtv.com

This entry was posted in Bisnis and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *