Inflasi Kota Pekanbaru Januari 2014 Sebesar 0.69 Persen

Pekanbaru Riau – Kepala Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru Mawardi Arsyad, Riau mengatakan Januari 2014 inflasi kota pekanbaru sebesar 0,69 persen.

Hal ini terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukan oleh kenaikan indeks pada seluruh kelompok pengeluaran, diantaranya kelompok bahan makanan, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau

Ia menjelaskankan, inflasi di Pekanbaru terjadi karena adanya peningkatan indeks harga pada semua kelompok pengeluaran, dengan inflasi tertinggi pada kelompok bahan makanan sebesar 1,71 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 1,18 persen.

Kemudian kelompok perumahanan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,19 persen, kelompok sandang 0,49 persen, kelompok kesehatan 0,23 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,04 persen, serta kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan 0,03 persen.

Namun inflasi Pekanbaru lebih rendah dari inflasi nasional yang pada Januari lebih dari 1 persen. Sementara kota lain di Riau yang juga mengalami inflasi adalah Dumai yang pada Januari mencapai 0,43 persen. Sedangkan, Kota Tembilahan yang baru pada tahun ini dipantau mengalami inflasi cukup tinggi, yakni sebesar 2,58 persen.

Komoditas yang memberi andil terbesar inflasi di Kota Tembilahan adalah bayam, yang naik 100 persen. Menurut dia, dari 23 kota di Sumatera yang menghitung Indeks Harga Konsumen (IHK), semua kota mengalami inflasi dengan inflasi
tertinggi terjadi di Pangkal Pinang sebesar 3,79 persen, Tanjung Pandan 3,60 persen, Sibolga 3,24 persen.(Sumber:zamrudtv.com)

This entry was posted in Bisnis and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *