Danau Zamrud Siak Simpan 50 Juta Barel Minyak

Danau Zamrud yang terletak di Desa Zamrud Kecamatan Siak, Riau ternyata menyimpan potensi 50 juta barel minyak. Saat ini Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP) dan Pertamina Hulu selaku pengelola sedang melakukan eksplorasi di kawasan tersebut.

Manajer External Affairs BOB, Nazaruddin mengatakan, BOB sangat ingin melakukan eksplorasi baru di kawasan tersebut. Namun, karena kawasan tersebut masuk kawasan konservasi hutan dan suaka margasatwa, BOB menjadi kesulitan, terutama untuk pengurusan izinnya.

“Lahan kan berlapis-lapis, nah di lapisan paling bawah itu dari kajian sistemik ada sumber daya minyak sebesar 50 juta barel. Makanya kita mau eksplorasi sumur ini,” kata Nazaruddin di Pekanbaru, Jumat malam (9/5).

Nazaruddin mengungkapkan, Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam telah memberikan solusi kepada BOB. Diantara solusinya melakukan pengeboran yang wilayahnya jauh dari lokasi atau dengan cara perubahan status atau alih fungsi lahan.

“Kita sudah sangat maksimal bicara dengan pejabat mulai dari Kepala Balai Besar Konservasi Riau, Direktur Kawasan Konservasi dan Bina Lingkungan, sampai ke Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, tapi tetap nggak boleh eksplorasi,” tambahnya. (tim/zamrudtv.com)

This entry was posted in Bisnis and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *