Sembilan Daerah Tujuan Wisata Syariah Indonesia

Berkunjung ke tempat wisata sejarah mungkin sudah biasa, namun bagaimana rasanya jika berwisata ke tempat wisata syariah mungkin ada yang belum pernah bukan? Baru-baru ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan sembilan tujuan wisata yang memiliki potensi untuk dipromosikan sebagai kawasan wisata syariah di Indonesia, yakni Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Lombok, dan Makassar.

“Pada tahap awal, ada sembilan wilayah yang kita tawarkan sebagai destinasi wisata Islam,” kata Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Esthy Reko Astuti di sela Forum Halal Global di Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Menurut Esthy, penetapan wilayah-wilayah tujuan wisata syariah tersebut dilakukan berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, kultur masyarakat setempat, produk-produk wisata daerah, dan akomodasi wisata.

Penetapan destinasi wisata syariah tersebut merupakan persiapan menjelang peluncuran produk wisata syariah tahun 2014.

Esthy menjelaskan, pariwisata syariah bukan hanya meliputi keberadaan tempat wisata ziarah dan religi saja namun juga mencakup ketersediaan fasilitas pendukung seperti restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal dan tempat shalat.

Tahun 2010 Indonesia menerima kunjungan 7 juta wisatawan dan 17 persen di antaranya merupakan wisatawan Muslim. “Dengan promosi lebih aktif tentang wisata syariah, diharapkan kunjungan turis Muslim bisa naik menjadi 20 persen sampai 25 persen pada 2014-2015,” katanya.

Dia juga berharap Forum Halal Global bisa menjadi salah satu ajang sosialisasi produk wisata syariah Indonesia kepada para pelaku industri wisata, termasuk pelaku dari Malaysia dan Arab Saudi, yang hadir dalam forum tersebut.

Sumber : ant/zamrudtv.com

This entry was posted in Pariwisata and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *