Wisata Pekanbaru, Rumbai Akan Berubah Wajah

Pemerintah Kota Pekanbaru menyiapkan Kecamatan Rumbai sebagai kawasan wisata baru dengan dua proyek perdana yakni pengembangan Danau Khayangan serta pembangunan water front city di sepanjang Sungai Siak.
Walikota Pekanbaru Firdaus MT, mengatakan kebutuhan akan arena wisata di Kota Pekanbaru sudah mendesak dan perlu segera dibangun, karena selama ini warga yang haus akan hiburan harus mencari lokasi hingga ke Bukittinggi dan Padang, Sumatra Barat.
“Di bagian Rumbai Pesisir kami akan kembangkan perpaduan wisata alam dengan mengeksplotasi Danau Khayangan. Jadi, nanti ada ourdoor dan indoor,” ujarnya Rabu, 30 Oktober 2013.

Menurutnya, meski Provinsi Riau kaya dengan sumber daya alam, di Ibu kotanya sendiri sebenarnya tidak memiliki kekayaan alam tersebut. Oleh sebab itu, industri pariwisata ini akan menjadi salah satu sumber pendapata asli daerah (PAD) Pekanbaru ke depannya.
Secara terpisah, dalam dokumen Badan Penanawam Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kota Pekanbaru yang dikutip Bisnis menyebutkan sudah ada investor yang melirik proyek pengembangan Danau Khayangan. Namun, persoalan kepemilikan lahan menyebabkan investor tersebut mengurungkan niat.

Selain itu, pemko juga diketahui sedang menggodok dokumen masterplan proyek water front city di sepanjang Sungai Siak. Rencananya, pada akhir Desember 2013 dokumen tersebut sudah rampung dan 2014 sudah mulai pengerjaan.

Sementara itu, Kota Batu, Jawa Timur juga menyiapkan strategi untuk memacu wisata dengan membangun kawasan peristirahatan yang memadai. Uddy Syaifuddin, ketu Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Baru, mengatakan pembangunan lokasi tersebut sudah mendesak.

Sumber Media Cetak : Bisnis INdonesia, 31 Oktober 2013.

This entry was posted in Pariwisata and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *