Tenun Siak Warisan Budaya Indonesia

Kerajinan tenun Siak ditetapkan oleh pemerintah psuat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia, yang tertuang dalam SK Kemendikbud nomor 238/M/2013 tanggal 13 Desember 2013.
Tenun Siak merupakan produk satu-satunya di Riau yang ditetapkan dengan urutan 13 dari 77 nama warisan budaya tak benda di seluruh Indonesia.

Terhadap hal mini, Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi bersyukur atas penetapan hasil tenun Siak oleh pemerintah. Diakui, dia sebenarnya masih ada lagi seperti ini yang dimiliki. Dari penetapan tersebut sebagian besar bidang seni dan budaya. Siak miliki juga seperti tari olang-olang, lukah gila dan lainnya. ” Ke depan akan kita usulkan lagi,” kata dia bangga.

Ia menyebutkan, tenun Siak ini harus dilestarikan oleh para pengrajin apalagi telah ditetapkan sebagai warisan tentu jadi motivasi dan ini tak boleh hilang.

Senada, Kadisdikbud Siak Drs H Kadri Yafiz MPd menambahkan, SK dan piagam penghargaan warisan itu diserahkan oleh Wakil Mentri Kemendikbud Bidang Kebudayaan Prof Wiendu Nuryanti PhD, Senin (16/12) malam di hotel Milenium Jakarta, yang diterima oleh dirinya didampingi Kadis Perindagkop dan UMKM Drs H Wan Bukhori Msi.

Sumber Media Cetak Riau Pos, 18 Desember 2013, Halaman 22

This entry was posted in Pariwisata and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *