Tahun Depan UN SD Ditiadakan, SMP dan SMA Tetap

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan baru menyangkut pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun depan. Untuk tahun 2014, UN untuk tingkatan SD ditiadakan, sementara untuk SMP/MTs dan SMA/MA/SMK tetap diadakan.

Menurut Mentri Dikbud M.Nuh, peniadaan UN SD karena terkait dengan pelaksanaan Pemilu legislatif pada bulan April. Untuk UN SMP dan SMA diadakan usai Pemilu tanggal 14 April 2014.

“Pemerintah menyerahkan pelaksanaan ujian bagi SD kepada provinsi. Meskipun dilaksanakan di provinsi, tetapi standar nasional naskah soal UN tetap dijaga,” kata Mohammad Nuh di sela-sela meninjau implementasi Kurikulum 2013 di sejumlah sekolah di Bali, Sabtu (23/11).

“Kami ingin menyelenggarakan UN dalam suasana tenang setelah pelaksanaan Pemilu selesai agar siswa pun dapat berkonsentrasi penuh,” katanya

Mendikbud mengatakan, UN memiliki empat fungsi, yaitu untuk pemetaan, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, perbaikan, dan kelulusan.

“Kami sudah berdiskusi dengan kawan-kawan MRPTN (Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri), sehingga UN ini nanti bisa dipakai untuk terus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya.

Tentang standar kelulusan, ia mengatakan kemungkinan masih pada 5,5 dengan peningkatan derajat kesulitan soal ujian. Proporsi tingkat kesulitan soal ujian nasional kemungkinan meliputi 10 persen soal mudah, 70 persen soal dengan kesulitan sedang, dan 20 persen soal sulit.

Sumber: zamrudtv.com

This entry was posted in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *