Tentang Gaji Honorer Puskesmas Pekanbaru

19 Honorer Puskesmas Pekanbaru Tidak Digaji 9 Bulan.
Sekitar 19 tenaga honorer di sejumlah Puskesmas Pekanbaru tidak menerima gaji selama 9 bulan. Alasan Dinas Kesehatan Pekanbaru, honor mereka tidak masuk dalam APBD Kota Pekanbaru 2013.

Salah seorang tenaga honorer itu, RA, menyebutkan sebagai honorer, dia mestinya menerima gaji setiap bulan Rp1,4 juta. Namun sejak Januari hingga Oktober ini, dia belum sekalipun terima gaji.

“Ketika ditanya ke kadis (Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru), dia hanya bilang gaji akan keluar ketika APBD Perubahaan Kota Pekanbaru disahkan. Dalam APBD murni, gaji honorer untuk tenaga kesehatan tidak ada, kata kadis,” ujar RA.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Rini Hermiyati, ditemui usai rapat di DPRD Kota Pekanbaru, menolak menjawab soal tertunggaknya gajo honorer kesehatan itu.

“Saya tak mau berkomentar tentang itu (honor tak dibayar 9 bulan),” katanya singkat sambil berlalu.

DPRD Pekanbaru Minta Dinkes Bayar 19 Tenaga Honor.
DPRD Kota Pekanbaru meminta Dinas Kesehatan Pekanbaru untuk membayar gaji 19 tenaga honorer Puskesmas. Ke 19 tenaga honorer yang tersebar di sejumlah Puskesmas itu belum terima gaji selama sembilan bulan.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Muhamad Fadri AR, Selasa(22/10) menegaskan Kepala Dinas Kesehatan harus bertanggung jawab untuk membayar gaji tenaga honor itu.

Ke 19 karyawan dengan status honorer yang tersebar pada tiap Puskemas di Kota Pekanbaru. Mereka belum terima gaji sejak Januari 2013.

Fadri menyesalkan sikap Kepala Dinas Kesehatan yang hanya mementingkan memakai tenaga honorer, tapi enggan membayar upah mereka.

Dalam Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, setiap orang atau lembaga yang mengunakan tenaga manusia wajib untuk membayar upah.

Sumber: zamrudtv.com

This entry was posted in Peristiwa & Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *