Tahun 2014 KTP Manual Tidak Berlaku Lagi

Mulai tahun 2014, kartu tanda penduduk manual tidak berlaku lagi. Pada tahun 2014, KTP yang berlaku adalah KTP Elektronik.

Sementara untuk mengantisipasi lamanya proses pencetakan e-ktp di pusat, terhitung 1 Januari 2014, Kemendagri menyerahkan pencetakan e-ktp ke pemerintah daerah.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, Syafrizal, Jumat(25/10) menyebutkan, sampai tahun 2013, pencetakan e-KTP masih dilakukan di Jakarta. “Tapi tahun depan sudah didelegasikan ke daerah. Mesin pencetak e-KTP juga telah dikirim ke daerah. Untuk tinta dan biaya pencetakan e-KTP ditanggung oleh kota dan kabupaten. Sedang kan untuk blanko e-KTP masih diberikan oleh pusat, ujarnya.

Menurut Syafrizal, untuk Sumatra Barat, saat ini warga yang telah melakukan perekaman data e-ktp sebanyak 3,09 juta jiwa. Untuk warga yang belum merekam data, maka diminta untuk segera merekam data e-KTP.

Bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman data e-KTP, diharapkan segera melakukan perekaman data e-KTP sampai akhir tahun ini. Sebab, tahun depan KTP manual tidak berlaku lagi, ujarnya. (tim/zamrudtv.com)

This entry was posted in Peristiwa & Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *