Atasi Banjir, Pemko Pekanbaru Bakal Bangun Waduk

Pemko Pekanbaru bakal membangun waduk penampung air di enam wilayah. Waduk ini diharapkan bisa mengatasi banjir yang kerap melanda Pekanbaru saat musim hujan.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Selasa(17/12) menyebutkan, waduk yang akan dibangun itu di wilayah yang akan dijadikan daerah pengembangan. Kota Pekanbaru. Enam daerah itu, saat ini selalu menjadi langganan banjir, selain karena luapan air sungai Siak, juga disebabkan daerah itu sudah menjadi pusat pertumbuhan kota.

Menurut Walikota, Pemko Pekanbaru sudah memiliki Peraturan Daerah tentang Daerah Resapan Air, Rencana Induk Tata Ruang dan Rencana Drainase Kota. Perda ini nantinya bersinergi dengan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi untuk mengatur pembangunan aliran drainase kedepan.

“Pengaturan drainase itu seperti jalan merupakan kewenangan pemerintah pusat untuk drainase utama. Pemerintah provinsi berwenang untuk drainase konektor (penghubung) dan kewenangan pemerintah kota hanya pengaturan di permukiman. Tapi itu tidak bisa jalan sendiri-sendiri, harus ada sinergi,” ucap Firdaus MT.

(sumber: zamrudtv.com)

This entry was posted in Peristiwa & Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *