Dumai: Ribuan Buruh Ancam Aksi Buruh

Intensitas pekerjaan bongkar muat di beberapa pelabuhan kota Dumai sejak awal tahun 2014 ini mengalami penurunan. Buruh bongkar muat di beberapa pelabuhan di kota ini khususnya di pelabuhan rakyat sepanjang sungai Dumai sangat merasakan hal tersebut.

Saipul Azhar , Ketua Syarikat Buruh Kota Dumai (SBKD), menegaskan hal ini tidak bisa dibiarkan karena mengancam kalangsungan hidup mereka. Menurutnya lagi, para buruh sudah mulai gelisah, sebab tiap kali datang kepelabuhan pekerjaan tidak ada karena tidak ada kapal yang masuk.

Saipul menjelaskan bahwa sejak awal tahun kapal sudah mulai jarang masuk di pelabuhan rakyat ini. Bahkan sampai saat ini sama sekali tidak masuk. Kapal yang masuk di pelabuhan rakyat ini biasanya kapal importir yang membawa makanan dan minuman dari Malaysia jelasnya. Tapi belakangan ini kami tak tau juga kenapa kapal-kapal tersebut tidak lagi masuk. Saya berharap para pengusaha tidak menghentikan usaha mereka di pelabuhan ini, karena ini berkaitan dengan nasib ribuan buruh di sini tegasnya.

Senada dengan Saipul, Bakhtiar Rahman ketua SPTSI Kota Dumai, juga meminta pengusaha importir tidak menghentikan usahanya.Menurut Bakhtiar mereka tidak tahu kenapa pengusaha importir tiba-tiba mengurangi intensitas import mereka.

Ketua TKBM Agus Budianto, yang saat ini berada di Jakarta mengikuti Pertemuan TKBM se Indonesia ketika di hubungi via hand phone, menyatakan bahwa pihaknya memang telah mengetahui hal tersebut dari laporan-laporan beberapa orang buruh. Saat ini pihaknya sedang melakukan upaya untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak pengusaha importir di kota ini guna menanggapi hal tersebut. Dengan harapan bahwa pengusaha apapun alasannya mau kembali beraktifitas sehingga para buruh dapat memenuhi kehidupan mereka.

Sumber ZamrudTV.com

Sekilas Info:

This entry was posted in Peristiwa & Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *