Riau Keluarkan Status KLB Penyakit ISPA

PROVINSI Riau menyatakan kondisi luar biasa (KLB) penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akibat kabut asap. Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan penetapan status tersebut seiring melonjaknya jumlah warga yang menderita ISPA.

“Pada awal Januari, penderita ISPA di Riau rata-rata 5.000 orang. Kini ada 22 ribu orang terserang ISPA. Kondisi ini membuat Riau berstatus KLB ISPA,“ kata Zainal, kemarin.

Menurutnya, penetapan status KLB itu berdasarkan laporan jumlah penderita ISPA di tujuh kabupaten/kota di Riau yang melonjak tajam. Tujuh daerah yang dimaksud ialah Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Pelalawan, dan Kepulauan Meranti.

Kondisi udara penuh asap dengan indeks pencemaran di atas 100. “Kami imbau warga memakai masker, mengenakan baju lengan panjang, dan memakai kacamata. Kami sudah membagikan sekitar 127 ribu masker untuk warga,“ ujarnya.

Ia meminta warga yang terserang ISPA segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit tanpa dipungut bayaran. Lonjakan jumlah penderita ISPA juga terjadi di Kota Batam. Apa lagi di wilayah itu sudah dua bulan tidak turun hujan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal, pada tahun lalu, jumlah penderita ISPA mencapai 2.630 orang. Namun, tahun ini, selama dua bulan telah tercatat 1.300 orang terkena ISPA.

“Untuk menghindari ISPA, banyaklah mengonsumsi cairan lebih banyak daripada biasanya,“ imbau Chandra.

Sementara itu, kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan kembali menyelimuti Kota Jambi. Kendati tidak begitu pekat, kabut asap sempat mengganggu aktivitas penerbangan pagi di Bandara Sultan Thaha, Kota Jambi.

Maskapai Garuda Indonesia terlambat memasuki Bandara Sultan Thaha sekitar 1 jam, karena jarak pandang di bandara terhadang kabut asap.

Kabut asap yang kembali muncul selama dua hari itu diduga berasal dari Riau dan kebakaran lahan dan hutan gambut di Kabupaten Muarojambi dan Tanjungjabung Timur, yang cukup berdekatan dengan Kota Jambi.

Berdasarkan laporan BMKG Jambi, kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi relatif tipis. (BG/HK/SL/N-3/ Media Indonesia, 27/02/2014)

This entry was posted in Peristiwa & Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *