Riau Bakal jadi Daerah Penyumbang Listrik Terbesar Sumatra

Provinsi Riau bakal menjadi sumber lumbung bioenergi listrik terbesar se-Sumatra. Energi listrik yang akan dihasilkan itu bisa mensuplai kebutuhan energi listrik ke Pulau Jawa dan negara tetangga.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulher ketika membuka peluncuran Riau Research Energy Centre (RiREC) dan Biomass Energy Clearing House, di Pekanbaru, Selasa (29/4) menyebutkan hal itu bisa terujud karena di Riau banyak sumber bahan baku limbah cair dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS)

Zulher menyebutkan, saat ini Riau memiliki kebun kelapa sawit seluas 2,3 juta hektare dari 8 juta hektare luas perkebunan kelapa sawit nasional.

“Dari 2,3 juta hektare lahan kelapa sawit tersebut akan diolah oleh 146 PKS dengan kapasitas total sebesar 6.137 ton TBS per jam yang akan menghasilkan produksi CPO 20,8 juta ton,”katanya.

Dari proses produksi TBS hingga 6.137 ton TBS per jam maka listrik dapat diproduksi sebanyak 906 MW dari serat dan cangkang, selain itu sekitar 112 MW dari limbah cair (biogas).

Jika ditotalkan maka industri kelapa sawit di Riau dapat menghasilkan 1.018 MW. Angka-angka ini menunjukkan bukti betapa besarnya kontribusi Provinsi Riau dalam pengembangan energi terbarukan ke depan.

Apalagi kalau sumber bahan baku dari industri kelapa sawit ini dapat menghasilkan 1.018 MW nantinya. Maka Riau dapat mengekspor listrik hingga ke luar negeri,” katanya. (tim/zamrudtv.com)

This entry was posted in Bisnis, Peristiwa & Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *