Kabupaten Siak Gelar Lasernas

Siak, Zamrudtv –Kabupaten Siak menggelar Pembukaan Acara berskala nasional bertajuk Lawatan Sejarah Nasional (LASERNAS XII), yang berlangsung di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Siak, Selasa (17/6) . Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,dan membacakan ayat suci Al Quran . Kemudian diisi dengan hiburan Paduan Suara Nusantara Persembahan siswa/siswi SMA N 1 dan SMA N 2 di ikuti dengan zapin tradisi siswa SMAN 1 Mempura dan SMA N 2 Siak. Hiburan terakhir ditutup dengan puisi stop kekerasan pada ana dan Panthomim.
Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Kacung Marijan dalam sambutannya mengatakan, kabupaten Siak sangat terkenal dengan budaya melayu, dengan masyarakat yang sangat bersendi pada nilai budaya melayu. Hal itu terlihat dari nilai budaya, seperti pantun,dan tari persembahan.

Menurutnya masyarakat Melayu sangat religius dan ini menunjukan masyarakat melayu sangat melekat pada sendi dan adat melayu. Kegiatan Lasernas XII tersebut, diikuti sejumlah peserta dari sejumlah Provinsi yang ada di Indonesia. Para peserta yang mengikuti kegiatan Lasernas tersebut, merupakan peserta yang telah terpilih, dan dirujuk dari daerahnya masing-masing, dan mereka baru teruji di tingkat komisi.

Para peserta nantinya akan dibawa untuk melihat sejumlah objek sejarah. Nantinya akan mengamati, mencermati sumber-sumber kesejarahan yang ada dikabupaten Siak. Pembukaan acara Lasernas XII dihadiri Bupati Siak, Syamsuar, Wakil Bupati Siak, Alfedri, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Dwi Agus Sumarno, dan sejumlah unsur pimpinan daerah lainnya.

Kegiatan itu diikuti 200 siswa dari 34 provinsi, khusus untuk provinsi Riau sebanyak 70 siswa dengan pendamping 32 orang. Bupati Siak, Syamsuar dalam sambutannya mengatakan Pemkab Siak memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan itu. Apalagi kegiatan bertajuk sejarah itu diikuti oleh sejumlah siswa, yang memang memegang estafet untuk dimasa mendatang. Bupati mengatakan tujuan acara ini adalah memberikan bentuk baru dalam mempelajari sejarah yang menarik dan tidak membosankan bagi siswa dan memberikan metode pembelajaran alternatif bagi para guru sejarah. Selain itu acara ini juga membangkitkan ingatan kolektif bangsa melalui penanaman nilai- nilai sejarah bagi generasi muda.

Sedangkan untuk objek wisata yang akan dijadikan lawatan sejarah di antaranya, obyek istana, gedung balai kerabatan, makan raja Siak, tangsi Belanda, masjid lama kota Pekanbaru, dan museum provinsi Riau. Semoga dengan di adakannya lasernas ke XII ini akan menambah ilmu pengetahuan bagi para siswa, dan dapat untuk menjadi bekal di dalam mengikuti pendidikan di daerah masing-masing.

Di akhir acara Bupati siak memberikan penghargaan kepada siswa sekaligus memberi cendra mata kepada Direktur sejarah dan nilai Budaya Drs ENJAT DJAENUDERADJAT,M.Pd.(Rozali zamrudtv)

This entry was posted in Peristiwa & Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *