Perbaikan Jembatan Siak III

Rencana penutupan Jembatan Siak III untuk proses perbaikan kembali molor. Pasalnya, penutupan yang semula direncanakan akan dimulai hari Jumat (15/11) diundur. Ini dikarenakan masih ada beberapa persiapan yang belum dituntaskan kontraktor pelaksanan perbaikan sarana infrastruktur tersebut.
Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau SF Hariyanto melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ahmad Ismail kepada Riau Pos, Kamis (14/11) melalui telepon selulernya. Menurutnya hal tersebut lebih dikarenakan faktor teknis yang secara prinsip tidak mengganggu progres perbaikan.

“Ya, kita juga baru dapat informasi dari pihak kontraktor. Memang penutupan Jembatan Siak III ditunda sementara sampai persiapan rampung. Kita juga mendesak kontraktor pelaksana untuk menggesa itu,” ungkapnya.

Saat ditanyakan mengenai penyebab penundaan, dia menilai hal itu dikarenakan proses perakitan material hanger yang tiba di Pekanbaru belum rampung. Sehingga, kontraktor pelaksanan mengusulkan untuk menunda sementara sampai seluruh tahapannya rampung.
Disinggung mengenai waktu penundaan perbaikan, dia mengatakan hal itu tidak berlangsung lama. Dari hasil kordinasi dengan pihak kontraktor pelaksana, penundaan hanya lima sampai tujuh hari.

“Tidak lama, paling lama sepekan. Kalau sudah perakitan material hanger-nya sudah tuntas, maka perbaikan dapat segera dilakukan. Sesuai arahan Kadis, kita juga telah instruksikan kontraktor pelaksana untuk menyegerakan pengerjaan perbaikan” ungkapnya.

Dia mengharapkan masyarakat dapat bersabar, karena kontraktor pelaksana bekerja sangat hati-hati. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kesalahan dalam perbaikan sarana transportasi masyarakat tersebut.
“Kita akan kawal itu. Kita sudah minta kontraktor menuntaskannya. Itu instruksi Kadis,” imbuh Ahmad.

Dengan adanya rencana penundaan penutupan Jembatan Siak III ini, Lantas Poltesta Pekanbaru belum melakukan penutupan arus lalulintas yang dilalui kendaraan. Kasat Lantas Polresta Pekanbaru M Mustofa melalui Kanit Dikyasa AKP Sunarti kepada Riau Pos menyebutkan pihaknya belum mendapatkan jadwal pasti kapan akan dilakukan penutupan. Kemungkinan akan molor satu pekan.

“Yang jelas semuanya sudah dipersiapkan dan Jembatan Siak III siap ditutup, kita siap membantu,” bebernya.

Sunarti juga menyinggung soal pengalihan arus di Jembatan Siak III. Dikatakannya arus lalu lintas dari Rumbai ke pusat kota dan sebaliknya melalui SIak I. “Artinya arus lalu lintas nantinya di Siak I akan menjadi berlawanan arah,” ungkap Sunarti.
Selain itu, sejumlah jalan menuju Siak I yang biasanya tidak boleh dilewati akan bisa dilewati untuk mencegah kemacetan.

“Kita juga melibatkan 42 personel yang terdiri dari Sat Lantas, Dit Lantas dan Dishub Kota Pekanbaru. Semua petugas akan ditempatkan di 9 titik. Di antaranya di pangkal Siak III dan Siak I, Jalan Wakaf, Jalan Panglima Udan dan Jalan DI Panjaitan.” ujarnya.

Terkait kembali diundurnya perbaikan Jembatan Siak III, anggota Komisi C DPRD Provinsi Riau A Kirjuhari mengatakan meminta instansi terkait untuk memiliki persiapan yang matang. “Pihak yang mengerjakan perbaikan tentunya punya standar operasional. Yang jelas semua harus tetap memperhatikan keselamatan masyarakat.

Sumber Media Cetak : Riau Pos, 15 November 2013, halaman 21 & 32.

This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *